Berkebun dengan Batang Pisang


Jika Anda ingin berkebun, tetapi tidak mempunyai lahan, karena lahan pertanian makin menyempit. Jangan khawatir, kini batang pisang dan bambu dapat mėnjadi altėrnatif mėdia tanam selain mėnggunakan tanah.

Pohon pisang dan bambu bisa mėnggantikan talang air untuk mėdia tanam sayur, jamur, bahkan tanaman lain. Batang pisang itu sendiri diketahui mengandung hingga 80% air. Selain itu, batang pisang mėmiliki kėunggulan mėngandung banyak pati, sėbagai sumbėr nutrisi tanaman dan mikroorganismė didalamnya yang akhirnya mėnjadi kompos.
Cara Berkebun Sayuran Organik di Rumah
Batang pisang juga memiliki senyawa penting seperti antrakuinon saponin dan flavonoid. Peran senyawa dalam tanaman juga mendorong tumbuhnya rambut akar, yang berguna untuk membantu tanaman menyerap nutrisi. Penggunaan batang pisang tetap menjanjikan, untuk kadar glukosa, tanaman pisang bisa menyuplai sendiri.
Batang pisang bisa digunakan untuk berkebun sayuran, caranya pun cukup mudah, berikut langkah-langkah penyediaan lahan :
  1. Buat penyangga kayu atau bambu sebagai tempat batang pisang yang diletakkan secara horisontal.
  2. Selanjutnya lubangi batang dengan menggunakan pisau berukuran panjang 15 cm dan berdiameter 10 cm. Beri jarak antar lubang sekitar 15 - 20 cm. Satu batang pohon pisang dapat dibuat dua jalur lubang.
  3. Setelah lubang jadi, lanjutkan dengan pengisian tanah, atau media tanam yang lainnya ke dalam lubang. Tambahkan SUPERNASA 2 - 3 gram per lubang. Diamkan selama 2 - 3 hari, setelah itu media siap digunakan.
  4. Tanamkan biji sesuai keinginan. Sebelum ditanam rendam terlebih dahulu dengan Hormonik, dengan dosis 1 tutup botol Hormonik dalam 2 liter air. Rendam biji selama 2 - 3 jam, Ambil biji yang tenggelam dan tiriskan. Cara pengolahannya sama seperti perkebunan dalam bambu atau pipa. Sebatang pohon pisang bisa digunakan untuk 2 - 3 kali panen. Tergantung pada kondisi batang pisang dan tanaman yang ditanam.
  5. Untuk pemupukannya, semprotkan POC Nasa dan Hormonik. 3 tutup POC Nasa dan 1 tutup Hormonik dalam 12 - 15 liter air. Sedang pupuk makro menyesuaikan. 
Menarik bukan ? Kini, Anda bisa berkebun di sekitar halaman rumah Anda hanya dengan menggunakan batang pisang.

Baca juga :
Cara Budidaya Pepaya California
Budidaya Singkong Agar Umbinya Banyak dan Besar
5 Cara Ampuh Membasmi Kutu Daun