Tips Agar Cabai Lebih Tahan Hama dan Penyakit


Banyak petani melakukan cara apa saja agar tanaman cabainya tumbuh dengan baik, salah satunya melakukan perlakuan khusus saat benih. Nah, setelah memilih benih cabai yang kita inginkan, maka umumnya kita segera merendamnya agar benih terasa berisi dan cepat berkembang.

Umumnya petani cabai hanya merendam dengan air biasa saja, tetapi untuk hasil pembibitan cabai yang lebih baik maka sebaiknya rendamlah bibit cabai yang rencana kita tanam tadi dengan air Hormonik, yaitu campuran 1 tutup Hormonik dalam 2 liter air. Cukup direndam dalam waktu 2 jam saja, itu juga berlaku untuk semua tanaman yang berbatang lunak, seperti tomat, terung, kentang, melon, semangka dll. Disarankan untuk jangan terlalu lama, cukup 2 jam saja, supaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Setelah direndam tentu saja ditiriskan 10 - 15 menit dan setelah siap baru ditanam. Ingat ! Jangan sampai terkena Sinar Matahari langsung mulai saat ditiriskan sampai berdaun 3 ke atas.

Nah, setelah berdaun lebih dari 3, maka bibit cabai sudah agak kuat terkena sinar matahari, bibit cabai sudah siap dipindahkan ke lapangan. Untuk menghindari serangan jamur dari awal, maka siramkanlah larutan GLIO, yaitu campuran air dan Natural GLIO, 1 kotak dilarutkan dalam 5 liter air, untuk 500 bibit cabai.

Selamat bertanam cabai...!

Baca juga :

Cara Mudah Budidaya Semangka

Cara Mudah Budidaya Seledri

Cara Budidaya Wortel